Visi dan Misi

Berdasarkan kondisi masyarakat Kabupaten Pati saat ini, permasalahan dan tantangan yang dihadapi di masa depan, serta dengan memperhitungkan faktor strategis dan potensi yang dimiliki oleh masyarakat, pemangku kepentingan, serta Pemerintah daerah, maka dalam pelaksanaan pemerintahan, dan pembangunan untuk periode 2017 – 20122, dicanangkan Visi Pembangunan Kebupaten Pati  yaitu:

Meningkatnya Kesejahteraan Masyarakat dan Pelayanan Publik

Visi tersebut memuat dua unsur fokus cita-cita, yaitu: (1) meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan (2) meningkatnya pelayanan publik.

Visi dan misi Inspektorat Kabupaten Pati merupakan implementasi yang harus dilakukan Perangkat Daerah yangmengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pati tahun 2017-2022 dimana RPJMD tersebut merupakan perwujudan visi dan misi Bupati terpilih periode 2017-2022.

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi Bupati Pati, inspektorat Kabupaten Pati berada dalam misi ke 4 yaitu:

MISI

”Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan mengutamakan pelayanan publik”

Inspektorat Kabupaten Pati mengimplementasikan misi tersebut dengan langkah sebagai berikut:

  1. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan sistem dan mekanisme peraturan perundangan pada auditan;
  2. Membina dan memberikan masukan bagi terselenggaranya pemerintahan yang efektif, bersih dan melayani melalui hasil pengawasan internal;
  3. Terwujudnya Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang profesional, berkualitas dan akuntabel;
  4. Meningkatnya kualitas hasil pengawasan sebagai bahan masukkan bagi pimpinan untuk meningkatkan kinerja aparat pemerintah;
  5. Sinergitas antar aparat pengawasan intern pemerintah dalam mewujudkan terlaksananya pengawasan intern pemerintah yang optimal.